Share Your Hobby!

Kamis, 13 Desember 2012

A Dog's Life

11.13 Posted by SakhaN , No comments

Judul                   : A Dog’s Life
Pengarang           : Ann M. Martin
Penerjemah         : Tanti Lesmana
Penerbit              : PT G.P.U
Tahun Cetak       : 2006
Cetakan ke         : 1
Tebal                   : 216 hlm; 20cm
Harga                  : -

A Dog’s Life ditulis oleh seorang pecinta binatang, Ann M. Martin. Ia merupakan salah satu anggota dari kelompok penyelamat binatang. Kebanyakan novel yang ditulisnya memang berceritakan seputar binatang.
A Dog’s Life menceritakan kehidupan seekor anjing gelandangan yang kesepian, Squirrel. Hidupnya berpindah-pindah dan merindukan kasih sayang seorang manusia. Kadang di musim dingin dia melongok ke dalam rumah-rumah yang hangat yang tak pernah mengundangnya masuk. Kadang ia tinggal di garasi atau gudang, atau di bawah kereta sorong yang tak terpakai, untuk kemudian melanjutkan perjalanan. Sesekali ada seseorang yang berbaik hati memberinya sedikit makanan sisa, namun ada juga yang bersikap kejam hingga memisahkannya dengan saudaranya. Setelah berkali-kali dikecewakan oleh manusia, Squirrel memutuskan untuk hidup sebagai seekor anjing jalanan. Tapi kemudian ia bertemu Susan. Ternyata, dalam hati Squirrel yang penuh kekecewaan pada manusia, masih ada tempat untuk kebaikan Susan.
Buku karangan Ann ini tampaknya kurang pantas disebut novel, tetapi lebih cocok disebut biografi seekor anjing. Gaya tutur yang digunakan Ann terpecah menjadi dua. Terkadang, seolah-olah ia menjadi Squirrel sendiri. Tetapi terkadang ia nampak sebagai pengamat Squirrel. Gaya seperti inilah yang cukup mengangkat keunikan novel ini.
Seperti semua novel, novel ini juga memiliki kekurangan. Kurangnya ilustrasi membuat novel ini kurang menarik untuk anak-anak. Selain itu, kurangnya kreatifitas dalam penampilan isi membuat bacaan ini terasa kaku.
Jadi dapat disimpulkan novel ini sangat cocok untuk para pecinta binatang maupun yang membencinya, agar mereka sadar bahwa binatang membutuhkan kasih sayang kita.

0 komentar:

Posting Komentar

Budayakan memberi komentar ya guys!