Share Your Hobby!

Minggu, 14 September 2014

Nusantaranger

16.24 Posted by SakhaN , No comments
Bagi penggemar komik, terutama komik Indonesia, Nusantaranger mungkin sudah bukan sebuah judul yang asing. Ya, Nusantaranger adalah sebuah komik karya sekelompok anak bangsa yang menggunakan konsep Super Sentai. Super Sentai ini merujuk pada serial dari Jepang yang menampilkan jagoan beranggotakan lima orang yang bisa berubah menjadi pahlawan super dengan menggunakan kekuatan yang mereka dapatkan dari berbagai macam kejadian. Salah satu serial Super Sentai yang sampai ke Indonesia adalah Google Five.
Berkat kepopuleran Super Sentai, Amerika pun membuat serial TV serupa, dan menggunakan nama Power Rangers. Serial TV yang sangat populer ketika itu adalah Mighty Morphin Power Rangers. Kembali ke Nusantaranger, meskipun menggunakan konsep Super Sentai yang berasal dari Jepang, Nusantaranger justru memberikan pesan kuat mengenai budaya lokal di dalam ceritanya. Seperti apa yang dikatakan Sweta Kartika, salah satu tim sekaligus komikus Nusantaranger, pada talkshow di acara Pasar Komik Bandung 2014, “Kenapa super sentai? Karena sudah dikenal, dan ini hanya pintu untuk masuk ke pembaca, begitu mulai cerita akan langsung dimasukkan pesan-pesan budaya lokal”.
Nusantaranger sebenarnya dimulai dari sebuah hashtag di twitter yang dilontarkan oleh Shani Budi, pencetus Nusantaranger, hashtag ini berkembang semakin serius dan pada 10 November 2013 website Nusantaranger.com pun hadir. 10 November dipilih sebagai hari peluncuran website karena bertepatan dengan hari pahlawan. Nusantaranger sekarang ini dikerjakan oleh tim yang terdiri dari Shani Budi Pandita (penulis cerita), Tamalia Arundhina (penulis cerita), Kinesasih Hapsari Puteri (penulis cerita), Sweta Kartika (komikus), Indra Arista (project admin), Masova (desainer web), dan Hendranto Sastro (illustrator dan toy designer).
20140324_Nusantaranger_3Meskipun website Nusantaranger telah hadir dari tanggal 10 November 2013, namun komiknya baru mulai ditayangkan di website pada tanggal 1 Januari 2014 dengan hashtag #newyearnewhero di Twitter. Komik Nusantaranger ini awalnya ditayangkan di website setiap dua minggu sekali, namun karena dirasa terlalu cepat untuk membuat  satu bab komik dalam waktu dua minggu, akhirnya ditetapkan komik Nusantaranger tayang setiap tanggal 1 dan 15 setiap bulannya.
Sedikit memberi gambaran cerita Nusantaranger, kisah dimulai ketika Rangga kecil bermimpi menemukan sebuah candi, mimpi itu terus berulang hingga ia mencapai usia remaja. Suatu ketika ia bersama sekolahnya mengadakan trip ke sebuah candi, di sana Rangga bertemu dengan ksatria Nusantara merah dari masa lampau kemudian mewarisi kekuatan kesatria nusa merah. Secara umum kisahnya Nusantaranger berkisar pada pertarungan antara Pandita (pencipta segala) dan Kelana (yang merusak segala). Pandita dan Kelana mempunyai utusan masing-masing yakni kesatria nusantara dan sandekala.
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, komik Nusantaranger memiliki cerita dengan konten lokal yang kuat, kelima jagoan ini berasal dari lima pulau besar di Indonesia yakni Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua, kekuatan mereka direpresentasikan dengan binatang langka di pulau-pulau tersebut. Kesatria nusa hijau direpresentasikan dengan orang utan (Kalimantan), kesatria nusa merah direpresentasikan dengan elang Jawa, Kesatria nusantara kuning direpresentasikan dengan harimau Sumatera, kesatria nusa hitam direpresentasikan dengan Anoa (Sulawesi), kesatria nusa biru direpresentasikan dengan Hiu gergaji (Papua). Binatang langka digunakan untuk merepresentasikan kekuatan mereka karena menurut Sweta, anak muda yang mencintai budaya lokal, mereka adalah makhluk langka yang juga termasuk menjadi Nusantaranger. Musuh Nusantaranger yang merupakan tim utusan Kelana adalah Sandekala. Sandekala ini juga berasal dari berbagai cerita rakyat di Indonesia.
20140324_Nusantaranger_5Dengan konsep Super Sentai dipadukan dengan cerita budaya lokal, ternyata Nusantaranger mampu menarik perhatian pembaca komik di Indonesia, setidaknya ini dibuktikan dari bagaimana setiap malam menjelang ditayangkannya komik Nusantaranger, server akan down karena terlalu banyak yang ingin mengakses komik tersebut. Hal ini seperti yang dikatakan oleh Indra Arista project admin dari Nusantaranger di Pasar Komik Bandung 2014, “Tanggal 15 Januari 2014 begitu chapter dua terbit, hang, resource limit, artinya makin banyak orang yang nunggu Nusantaranger terbit”. Proses penyebaran hingga semakin banyak orang yang tahu Nusantaranger adalah melalui Twitter, salah satunya Pandji Pragiwaksono seorang stand up comedian dan penyanyi yang juga pernah membahas komik Nusantaranger di twitter. Bahkan Nusantaranger pernah menjadi trending topic Twitter di Indonesia.
Nusantaranger dapat menjadi salah satu contoh bagaimana komik Indonesia seharusnya dibuat dan dipasarkan. Jika memang seorang komikus tidak mampu membuat komik sendiri maka buatlah dalam tim, agar kekuatan cerita dan gambarnya menjadi sama-sama besar. Strategi pemasaran juga perlu dipikirkan karena memang komikus tidak hanya berkarya hanya untuk dirinya sendiri, tetapi untuk dibaca dan diserap pesannya oleh banyak orang. Terpenting dari semua itu adalah konsistensi dalam membuat karya, sungguh percuma sebuah komik bagus bila di tengah jalan terhenti begitu saja karena komikusnya tidak konsisten dalam berkarya.
Pada akhirnya, Indonesia memang pernah mencapai puncak masa jaya pada masa lalu, dan juga pernah terpuruk.  Hadirnya komik-komik Indonesia seperti Nusantaranger, dan event-event seperti Pasar Komik Bandung atau Kompetisi Komik Indonesia, menunjukkan bahwa komik Indonesia memang terus eksis, hanya sempat meredup, tetapi terus bertahan kemudian berkembang ke arah yang lebih baik. Komikus, pembaca, serta penerbit juga harus dapat bekerjasama menciptakan iklim industri yang baik untuk komik Indonesia itu sendiri.

20140324_Nusantaranger_2

Source : news.indonesiakreatif.net

0 komentar:

Posting Komentar

Budayakan memberi komentar ya guys!